Jumat, 09 September 2011

Akhlak Wudhu

.    ETHIS

Adalah akhlak yang Mengatur hubungan seseorang dengan dirinya dan terhadap sesamanya dalam kegiatan kehidupan sehari-hari

B.1  Akhlak Wudhu

a.    Tata Cara Wudhu:

1.    Membaca doa sebelum berwudhu:

“Alhamdu lillaahil ladzii ja’alal maa-athahuuraa”

Artinya:
Segala puji bagi Alloh yang telah menjadikan air suci

2.    Membasuh kedua telapak tangan,
Doa ketika membasuh kedua telapak tangan, yaitu:

“Bismillaahir rohmaanir rohiim”

Artinya:
Dengan menyebut nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

3.       Berkumur 3x,
Doa sebelum berkumur, yaitu:

“ Alloohummas qinii ming haudhi nabiyyika muhammadin shollalloohu ‘alaihi wasallama ka’san laa azhma-u ba’dahu Abadan

Artinya:
Ya Alloh, beri minumlah aku dari air telaga Nabi-Mu Muhammad SAW, satu gelas yang tidak akan haus buat selama-lamanya

4.       Membersihkan hidung 3x,
Doa ketika membersihkan hidung, yaitu:

“Alloohumma arihnii roo-‘ihatal jannah”

Artinya:
Ya Alloh, berilah aku bebauan surga

5.       Membasuh muka 3x,
Niat wudhu ketika membasuh muka, yaitu:

“ Nawaitul wudhuu a’liraf’il hadatsil ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Artinya:
Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil, fardhu karena Allah

6.       Membasuh tangan kanan 3x, dari ujung jari sampai siku
Doa membasuh tangan kanan, yaitu:

“Alloohumma’ thinii kitaabii biyamiinii wa haasibnii hisaaban yasiiron”

Artinya:
Ya Alloh, berilah aku kitab (catatan amalku) dari arah tangan kananku dan hisablah aku dengan mudah (tidak berbelit-belit)

7.       Membasuh tangan kiri 3x, dari ujung jari sampai siku
Doa membasuh tangan kiri, yaitu:

“ Alloohumma laa tu’thinii kitaabii bisyimaalii wa laa miw-waroo i’zhohrii”

Artinya:
Ya Alloh, janganlah Engkau berikan kitab (catatan amal) ku dari arah kiriku dan jangan pula dari arah belakangku

8.       Mengusap kepala 3x,
Doa mengusap kepala, yaitu:

“Alloohumma harrim sya’rii wa basyarii’alan-naari wa azhillani tahta ‘arsyika yauma laa zhilla illaa zhilluka”

Artinya:
Ya Alloh, haramkanlah rambutku dan kulitku dari sengatan api neraka, dan naungilah aku di bawah Arsy-Mu pada hari tiada naungan kecuali hanya naungan-Mu

9.       Membasuh dua telinga 3x,
Doa membasuh dua telinga, yaitu:

“Alloohumma isma’nii munaadi yal jannati fil jannati ma’al abroori”

Artinya:
       Ya Alloh, perdengarkanlah kepadaku suara pemanggil surga bersama orang-orang yang taat

10.   Membasuh kaki kanan 3x, dari ujung kaki sampai mata kaki
Doa  membasuh kaki kanan, yaitu:

“Alloohumma tsabbit qodamii ‘alash shiroothil mustaqiimi ma’a aqdaami’ ibaadikash shoolihiin”

Artinya:
Ya Alloh, tetapkanlah tumitku di atas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang sholeh

11.   Membasuh kaki kiri 3x, dari ujung kaki sampai mata kaki
Doa ketika membasuh kaki kiri, yaitu:

“Allohumma innii a’uudzubika ang-tazilla qodamii a’lash-shiroothi fin-naari yauma tazillu aqdaamul kafiriina wal munafiqiin”

Artinya:
Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keterpelesetan tumitku di atas jalan neraka pada hari dikala terpelesetnya tumit orang-orang kafir dan orang-orang munafiq

12.   Menghadap arah kiblat dan membaca doa sesudah wudhu
Doa sesudah wudhu, yaitu:

“Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warosuuluh, alloohummaj ‘alnii minattawwaabiin waj’alnii minal mutathohhiriin, waj’alnii min i’baa dikash-shoolihiin”

Artinya:
Aku bersaksi , tiada Tuhan selain Alloh yang tunggal dan tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi, bahwa Nabi Muhammad saw adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Alloh, jadikanlah aku orang yang ahli taubat dan jadikanlah aku orang yang suci , dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang sholeh

Terima kasih telah membaca artikel: Akhlak Wudhu.Silahkan baca artikel ©Akhlak yang lainya:

0 komentar:

Posting Komentar

====================================================================================== -->
Akhlak © 2008.